Genting, 5 Aplikasi Live di Sosmed ini Terancam Buyar Bila Tuntutan RCTI Menang di MK

Posted on

5 Aplikasi Live di Sosmed ini Terancam Buyar Bila Tuntutan RCTI Menang di MK – Kementerian Komunikasi serta Informatika (Kominfo) mengatakan jika permintaan pengujian UU Penayangan yang diserahkan RCTI pada Mahkamah Konstitusi dipenuhi, warga tidak bisa memakai feature siaran secara langsung dalam platform sosial media.

Masalahnya sama seperti yang disampaikan oleh Dirjen Penyelenggaraan Pos serta Informatika (PPI) Kominfo, Ahmad M. Ramli, pengertian penayangan akan diperlebar dengan mengelompokkan pekerjaan tayangan dalam platform sosial media seperti Instagram TV, Instagram Live, Facebook Live, YouTube Live, serta deretan content audio visual yang lain menjadi instansi penayangan yang harus mempunyai izin.

Apa service siaran secara langsung di sosial media yang beritanya ‘terancam’ disetop itu?

1. Facebook Live

Feature siaran secara langsung garapan media sosial Facebook ini bisa dipakai baik di handphone berbasiskan Android atau iOS. Pemakai cuma cukup menuju ke Halaman atau group dimana tayangan ingin dilaksanakan.

Kemudian, pemakai dapat memberikan tambahan detil seperti gambaran serta lokasi tayangan. Selanjutnya, pemakai dapat mengawali siaran secara langsung dengan mengeklik Start Live Video.

2. Instagram Live

Sosial media di bawah naungan Facebook yang populer untuk platform share photo paling besar, Instagram, mempunyai feature siaran secara langsung. Feature yang disebutkan dengan Instagram Live ini mempunyai penampilan antarmuka pemakai (UI) yang cukup seperti dengan Facebook.

Instagram Live ini mempunyai deretan keunggulan, diantaranya bisa lihat jumlah audience, feature tanggapan serta hubungan di antara audience dengan pelaksana tayangan, pilihan penyimpanan automatis yang bisa diberikan ke IGTV jika tayangan sudah usai.

3. YouTube Live

Feature siaran secara langsung yang dipunyai YouTube bisa dibuka lewat hp, tablet, computer. Tetapi, agar bisa lakukan tayangan, pemakai harus mempunyai minimum seribu penganut.

Langkah memakainya juga gampang, pemakai perlu pilih pilihan upload (upload), selanjutnya pilih Go Live.

4. TikTok Live

Platform share klip video asal China yang sedang naik daun ini rupanya ikut mempunyai feature live stream, tetapi cuma bisa dipakai buat pemakai yang sudah mempunyai seribu penganut seperti YouTube.

5. Bigo Live

Aplikasi live streaming yang dikeluarkan semenjak tahun 2014 ini mempunyai feature yang unik dibanding dengan platform awalnya. Bigo Live sangat mungkin pemirsa bisa menghadiahkan yang dapat dicairkan jadi uang oleh pemakai yang melakukan siaran secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *